Asosiasi Bekam Indonesia

FAQ Ujian Standarisasi Bekam 14-15 Juni 2014

FAQ Ujian Standarisasi Bekam DPD ABI DKI Jakarta, 14 – 15 Juni 2014

Assalamu'alaikum wr. wb.

Sehubungan dengan beberapa pertanyaan dari calon peserta ujian standarisasi Dpd Abi Dki Jakarta yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Juni 2014, dengan ini kami share sedikit pertanyaan yang paling sering ditanyakan
.

1. Apa itu ujian standarisasi bekam ABI?
>>> Ujian standarisasi bekam ABI adalah suatu program untuk menuju kesetaraan SOP pelayanan di seluruh layanan bekam yang diselenggarakan oleh anggota ABI.

2. Menurut info yang saya dapat, layanan bekam antar anggota ABI saja berbeda-beda. Apakah itu yang dinamakan standart?
>>> Ya, itu memang betul. Kalaupun layanan itu berbeda-beda, mereka pasti punya SOP yang sama hanya saja ditambah dengan metode pengembangan yang mereka pelajari atau mereka dapatkan dari pengalaman.

3. Apa manfaat/fungsinya untuk saya?
>>> Banyak sekali manfaatnya, diantaranya yaitu :
*Meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien atau client Antum dengan pelayanan yang sesuai SOP
*Bisa meminta rekomendasi untuk pembuatan STPT ke dinas kesehatan setempat
*Mendapat bimbingan dari pengurus setempat
*Mendapat bantuan hukum jika diperlukan
*Bergabung dengan jaringan komunitas terapis bekam
dan masih banyak lagi manfaatnya.

4. kalau begitu, bagaimana cara saya mendaftarkan diri?
>>> Silakan mendaftarkan diri ke tempat-tempat yang tertera dalam brosur atau melalui website http://abijakarta.org atau blog http://abijakarta.blogspot.com

5. Apa persyaratannya?
>>> a. Mengisi formulir
b. Menyerahkan :
*Fotocopy KTP 2 lbr
*Fotocopy sertifikat bekam 2 lbr
*Pas foto 3x4 (4 lbr)
*Fotocopy data rekap pasien sebanyak 30 orang yg meliputi : nama, alamat, keluhan, diagnosa, titik bekam & saran untuk pasien
c. Membayar biaya administrasi sebesar Rp. 650.000,- (sudah termasuk 1 ticket masuk, penginapan malam ahad, makan malam & sarapan)
d. Membawa peralatan lengkap pada saat ujian praktek (terlampir di bawah)
e.  Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah (standart minimal usia profesi)


6. Bagaimana kalau tidak memiliki sertifikat pelatihan?
>>> Mohon maaf kami belum bisa membantu karena sertifikat pelatihan adalah bukti Antum pernah mengikuti pelatihan & termasuk salah satu syarat untuk mengikuti ujian ini. Saran kami, ikutlah pelatihan yang diadakan LKP resmi sampai lulus dan mendapatkan sertifikat pelatihan, setelah itu baru ikut ujian standarisasi.

7. Kalau begitu saya tidak bisa mengikuti ujian standarisasi tanggal 14-15 Juni 2014 nanti?
>>> masih ada waktu untuk mempersiapkan semua persyaratannya atau mengikuti ujian selanjutnya. DPD ABI DKI Jakarta menyelenggarakan ujian standarisasi bekam setiap 4 bulan sekali. Tahun 2014 ini insya Allah akan diselenggarakan pada :
-          22-23 Februari
-          14-15 Bulan Juni
-          September
-          Desember
Untuk tanggalnya insya Allah menyusul, biasanya pada pekan ketiga.

8. Jadi tidak ada batasan minimal usia sertifikat?
>>> Untuk saat ini aturan minimal usia sertifikat yaitu minimal 3 bulan belum diberlakukan dan akan berlaku pada ujian selanjutnya.

9. Persyaratan ini apakah boleh diserahkan pada hari pelaksanaan?
>>> Persyaratan diserahkan kepada panitia 3 hari sebelum pelaksanaan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah panitia menyiapkan kebutuhan Antum. Kalau diserahkan mendadak, dikhawatirkan pelayanan yang Antum terima kurang memuaskan.

10. Berapa lama kegiatan ini berlangsung?
>>> Dua hari, yaitu hari sabtu & ahad tanggal 14 & 15 Juni 2014.

11. Dimana tempatnya?
>>> Gedung Graha Wisata TMII (Tamam Mini Indonesia Indah)
Jl. Komp. TMII, Jakarta Timur, DKI Jakarta

13. Bagaimana caranya jika mau daftar sekarang sedangkan saat ini saya berada diluar Jakarta?
>>> Silakan lakukan registrasi via online di website http://abijakarta.org kemudian kirimkan persyaratannya ke Sekretariat ABI DPD DKI Jakarta
Jl.H, No.27A, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan 12830
Telp. 021-8310 934   HP. +62852 555 69059

14. Kemana saya harus melakukan pembayaran?
>>> Lakukanlah pembayaran hanya ke nomor rekaning yang tertera dalam brosur atau email balasan dari Kami. Sebaiknya konfirmasikan pembayaran Antum sebelum dan sesudah melakukan transfer ke panitia pelaksana via SMS/Telpon 0813 1093 4359 (Ketua Panitia) SMS/WA : 021-9552 3909| 089 660 335 008 Telp. 021-8310 934 (secretariat)

{ No. Rek BSM (Bank Syari’ah Mandiri) 7011184264 a.n Purwati }

15. Apa saja yang harus saya bawa nanti?
>>> -Perlengkapan ujian yang harus dibawa sesuai dengan yang ada di brosur :
kop, pompa, scapel & bisturi atau lancing & lanchet, sarung tangan, masker, penutup kepala, clemek (apron), minyak herbal, alkohol 70% / 96%
-Alat Tulis & Clip Board (alas tulis)
-Jangan lupa membawa kebutuhan pribadi untuk 2 hari (pakaian, peralatan mandi dan lainnya)

Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan hubungi :
M. Farid 0813 1093 4359 (Ketua Panitia)
SMS/WA : 021-9552 3909| 089 660 335 008
BBM : 74CCEFE9 (humas)
0818 1782 65 Aska Vanser (Wakil Ketua DPD)

0852 555 69059 Agust Sarwoko (Sekretaris DPD)

0 Response to "FAQ Ujian Standarisasi Bekam 14-15 Juni 2014"

Posting Komentar

Apa pesan dan kesan Anda atas postingan Kami?