10 Manfaat dan Keuntungan Probiotik bagi Tubuh

Tahukah Anda bahwa ada begitu banyak jenis mikroorganisme yang hidup di sekitar kita. Mikroorganisme tersebut ada yang bersifat menguntungkan maupun merugikan. Salah satu jenis mikroorganisme yang bermanfaat atau menguntungkan bagi manusia adalah probiotik. Nah, ingin tahu lebih jauh tentang apa itu probiotik? Berikut kami sajikan beberapa manfaat probiotik bagi kesehatan.


Manfaat dan Keuntungan Probiotik bagi Tubuh

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Probiotik berguna dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, probiotik biasanya dimanfaatkan untuk menghilangkan sindrom kelelahan kronis dan alergi. Setelah sistem kekebalan tubuh berada dalam kondisi yang cukup kuat, probiotik selanjutnya akan mengatasi berbagai jenis penyakit lainnya.

2. Mengurangi efek antibiotik

Ada dua jenis mikroorganisme, yaitu antibiotik dan probiotik. Yang kita ketahui saat ini adalah antibiotik bermanfaat bagi manusia karena dapat membunuh bakteri yang 'tidak ramah' dalam tubuh kita. Padahal, seiring dengan itu antibiotik juga membunuh bakteri yang ‘ramah’ di dalam tubuh. Alhasil, muncul beberapa efek samping seperti kram, diare dan sering buang gas/kentut. Nah, di sinilah fungsi dari probiotik yaitu membantu untuk mengurangi efek samping yang disebabkan oleh antibiotik.

3. Mencegah peradangan atau inflamasi

Probiotik juga dapat digunakan untuk mencegah serta mengurangi berbagai jenis peradangan, salah satunya, sebagai obat dan pencegah peradangan pada usus.

4. Membantu mencegah eksim atau eczema

Probiotik juga dapat membantu dalam mengobati eksim atau eczema pada anak-anak. Meskipun probiotik tidak bisa mengobati eksim pada orang dewasa tetapi dapat digunakan untuk mengatasi gejala eksim pada anak-anak.

5. Membantu dalam memperlancar pencernaan

Probiotik memecah hidrokarbon yang membantu dalam memecahkan makanan menjadi unsur yang lebih sederhana sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, probiotik sangat baik digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan.

6. Meningkatkan kesehatan vagina

Infeksi jamur, kandidiasis dan vaginitis merupakan beberapa masalah kewanitaan yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi probiotik. Dengan demikian, probiotik mampu meningkatkan kesehatan vagina secara keseluruhan serta membantu untuk mencegah infeksi pada vagina.

7. Membantu dalam penyerapan nutrisi makanan

Probiotik ternyata juga bermanfaat dalam penyerapan semua nutrisi dari makanan kita konsumsi, seperti protein, vitamin dan kalsium. Selain itu, probiotik juga meningkatkan imunitas tubuh.

8. Mengatasi gangguan pencernaan

Probiotik dapat mengobati gangguan pencernaan seperti diare, sindrom iritasi usus dan sembelit. Luar biasa, bukan?

9. Mengurangi intoleransi laktosa 

Probiotik terdiri dari bakteri asam laktat yang membantu dalam mengkonversi laktosa menjadi asam laktat. Bagi sebagian orang yang mengalami intoleransi laktosa, proses konversi ini menjadi lambat atau sistem pencernaan mereka cenderung menolak enzim laktosa masuk ke dalam tubuh. Namun, dengan mengkonsumsi probiotik, proses tersebut akan kembali normal serta dapat mengurangi intoleransi laktosa.

10. Membersihkan saluran usus

Probiotik juga bertanggung jawab dalam membersihkan saluran usus dari pembusukan saat mencerna makanan. Ketika menempel pada dinding usus, probiotik tersebut akan menghasilkan banyak asam yang bertanggung jawab untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit.

Nah, sekian ulasan tentang manfaat luar biasa probiotik bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Manfaat dan Keuntungan Probiotik bagi Tubuh"

Posting Komentar

Apa pesan dan kesan Anda atas postingan Kami?